zainul

Massa atau energi? Bagian I.

In Catatan fisika on Maret 28, 2011 at 4:24 pm

Seorang kenalan yang baru menikah mengaku bahwa berat badannya bertambah setelah menikah. Saya tidak nanya berat badan istrinya. Apakah gabungan berat mereka bertambah atau berkurang, ya? Kalaupun iya, so what? Pasangan ini tentu tidak bisa mewakili pasangan-pasangan suami-istri sejagad. Tapi menarik juga untuk mengetahui secara statistik pengaruh ikatan pernikahan terhadap berat badan.

Bagaimana dengan ikatan elektromagnetik? Ikatan nuklir?

Apakah berat satu atom hidrogen (ikatan satu proton dan satu elektron) lebih besar, lebih kecil atau sama saja dibanding jumlahan berat satu proton dan satu elektron? Apakah berat dua atom hidrogen yang berbagi elektron (molekul H2) lebih kecil atau lebih besar atau sama saja dibanding jumlahan berat dua atom hidrogen yang hidup sendiri-sendiri?

Anda mungkin menjawab tergantung lokasinya. Bergantung apakah di permukaan bumi atau di ruang tanpa gravitasi. Satu piring untuk anda. Berat melibatkan gravitasi dan gaya gravitasi bergantung lokasi. Bisa ditulis: berat adalah massa kali kuat medan (percepatan) gravitasi. Percepatan gravitasi bergantung lokasi. Kalau begitu membandingkannya harus pada medan gravitasi yang sama, atau pertanyaannya saya ganti, bukan menanyakan beratnya tapi massanya.

Lalu apa itu massa? Menurut KBBI

n 1 sejumlah besar benda (zat dsb) yg dikumpulkan (disatukan) menjadi satu (atau kesatuan): —batu-batuan2 jumlah yg banyak sekali; sekumpulan orang yg banyak sekali (berkumpul di suatu tempat atau tersebar): — membanjiri lapangan untuk melihat pertunjukan sirkus; 3kelompok manusia yg bersatu krn dasar atau pegangan tertentu: organisasi –; 4 Fis ukuran kuantitatif sifat kelembaman (inersia) benda;

Mari fokus pada definisi  4.  Apa itu kelembaman?

n Fis sifat materi yg menentang atau menghambat perubahan keadaan gerak benda materi itu; inersia

Menurut Newton sendiri (Principia yang dikutip di Wikipedia)

The vis insita, or innate force of matter, is a power of resisting by which every body, as much as in it lies, endeavours to preserve its present state, whether it be of rest or of moving uniformly forward in a straight line.

Butuh gaya untuk mengubah keadaan gerak suatu benda. Jika jumlah gaya-gaya yang bekerja sama dengan nol, maka benda cenderung diam atau bergerak dengan kecepatan konstan pada garis lurus. Butuh gaya yang lebih besar untuk mengubah keadaan gerak benda yang massanya lebih besar. Jika benda tersebut diam butuh gaya yang besar untuk menggerakkannya dengan percepatan tertentu dan jika benda tersebut bergerak butuh gaya yang besar juga untuk menghentikannya dengan perlambatan tertentu.

Tulisan ini berkaitan dengan tulisan saya di sini beberapa abad yang lalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: