zainul

Membongkar isi perut Blackberry

In Oprek on April 22, 2011 at 8:10 pm

Sudah beberapa bulan ini trackball Blackberry (BB) milik saya macet. Ia tidak lagi mampu memberi instruksi gerakan atas bawah. Kesulitan ini dapat saya atasi dengan menggunakan papan ketik.

Pada kotak surat,  gerak ke bawah satu halaman dapat dilakukan dengan tombol “spasi”, ke atas dengan tombol “shift+spasi”. Masalahnya, setahu saya tidak ada jalan pintas untuk turun atau naik satu baris.

Tombol “u” (unread) dapat digunakan untuk membaca surat elektronik yang belum terbaca. Ini termasuk juga pesan BB messenger yang dikirimkan secara pribadi. Tapi tidak termasuk pesan BB messenger lewat group. Seumpama penunjuk tidak sedang menyorot pesan seperti ini, sementara penekanan tombol “spasi” atau “shift+spasi” tidak tepat mengarahkan penunjuk ke pesan tersebut, maka perlu dilakukan penghapusan beberapa pesan sampai penunjuk menyorot pesan yang diinginkan. Ini dapat dilakukan dengan memencet tombol yang bergambar logo BB. Kemudian tombol “d” (delete) lalu enter. Akan muncul pilihan “delete” atau “cancel“. Pencet “d” untuk hapus dan “c” untuk batal. Ini jangan dilakukan jika pesan tersebut penting dan tidak ada duplikatnya di komputer.

Untuk bernavigasi di inbox dapat juga digunakan jalan pintas dengan papan ketik. Antara lain “a” (contacts), “s” (search), “l” (calendar), “o” (options), “h” (help). Masalahnya tidak semua ikon punya jalan pintas seperti ini. Untungnya trackball BB saya masih bekerja untuk gerak kiri-kanan. Jadi dapat digunakan jalan pintas untuk menyorot ikon yang posisinya horisontal dengan ikon yang ingin dituju.

Dengan trik-trik di atas saya bisa setia dengan BB ini selama beberapa bulan meskipun trackball BB tidak bekerja untuk gerak atas-bawah. Sampai beberapa hari yang lalu, trackball tersebut, selama beberapa saat, tidak mampu menggerakkan penunjuk ke kiri dan ke kanan. Langkah pengobatan perlu segera dilakukan.

Langkah pertama adalah membeli obeng T5. Mestinya harganya 10 ribuan. Selanjutnya matikan BB, lepaskan batere. Ada enam baut yang perlu dilepas.

Agak sulit untuk melepas papan elektronik dari rangka BB. Lebih mudah mengangkat terlebih dahulu sisi yang bukan sisi dengan terminal kabel data.

Setelah papan elektronik terlepas akan tampak kotak tempat trackball bersemayam. Primary containment, meminjam istilah untuk reaktor nuklir (Fukushima). Hati-hati kotoran-kotoran yang menumpuk di dalamnya sangat radioaktif.  :-). Kotak ini dapat dilepas dari papan elektronik dengan mencongkel sedikit saja logam pembungkusnya. Begitu terlepas, segera ingat orientasinya.

Kotak ini perlu dipegang dengan hati-hati. Saat penulis berusaha mencari cara melepas bola dari dalam primary containment, seluruh isinya malah berhamburan keluar. Di dalamnya ada bola, seperti yang diharapkan, yang dikelilingi 4 silinder bergerigi dengan “kepala” dari bahan magnet. Sebenarnya lebih mirip granat jerman PD2 (kalau sedikit imajinatif bisa mirip tadpole atau spermoid)

Putaran bola seharusnya memutar keempat silinder.

Tampaklah sumber masalahnya selama ini. Silinder bergerigi tersebut terbungkus serabut-serabut dan daki-daki “radioaktif” yang selain menghambat gerakannya juga dijamin sangat membahayakan kesehatan. Enyahkan daki-daki tersebut.

Memasangnya kembali lebih sulit daripada melepaskannya. Dibutuhkan jari-jari yang terampil, karena bagian magnet dari silinder akan melekat pada peralatan dari logam, menyulitkan proses pemasangan. Setelah primary containment terpasang kembali pada papan elektronik, langkah selanjutnya lebih mudah.

Hasil akhirnya sangat memuaskan, tidak terlalu buruk untuk orang fisika teori. Dengan ini saya nyatakan rujuk kembali dengan Blackberry.

(Sebenarnya gambar paling atas diambil setelah gambar kedua. Yaitu setelah BB terpasang kembali. Maafkanlah kualitas kamera macbook yang buruk, yang ternyata gambar hasilnya perlu di flip horizontal)

  1. luar biasa, kadang saya mencoba utk memperbaiki gadget ketika sudah menghadapi masalah, tapi sayang keberhasilan itu 1 dari 4😀

  2. ya ampun kak inul…tinggi skali analisanya,padahal itu gadget bisa tinggal dibawa ke tukang hp hihihihi……..:) nice blog anyway kak….ayo tulis lagiii…:)

  3. WOw, hebat sekali berani membongkar BB.😆

    Kalo semisal yang rusak iPhone, beranikah?😀

  4. sippppp deh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: