zainul

Idul Fitri

In Catatan fisika on Agustus 29, 2011 at 3:56 pm

Hilal sore ini bakal sulit terlihat di kota Parepare, Sulawesi Selatan. Berbeda dengan hilal saat penentuan 1 Ramadan dengan ketinggian bulan yang nyaris 7 derajat saat matahari sepenuhnya tenggelam, kali ini ketinggian bulan hanya sekitar 1 derajat, dengan sudut pisah kira-kira 6 derajat.

Apakah besok masih puasa atau tidak, bergantung pada  kriteria yang dipakai.  Sudut pisah yang kecil antara bulan dan matahari menyebabkan cahaya matahari yang dipantulkan bulan yang terlihat dari bumi sangat redup. Ilmu pengetahuan memungkinkan perhitungan posisi bulan secara sangat akurat. Kesulitan yang muncul adalah memutuskan seberapa terang cahaya matahari yang dipantulkan bulan untuk kemudian mengatakan hilal dapat terlihat. Ini sangat subjektif karena bergantung pada seberapa canggih alat yang dipakai. Menggunakan mata telanjang tentu berbeda dengan menggunakan teleskop. Tentu berbeda juga  jika digunakan detektor cahaya tampak, infra merah, atau bahkan non elektromagnetik. Belum lagi jika bulan terhalang awan.

Yang jelas, bulan kita ada di atas sana, di arah dekat matahari pada konstelasi Leo (atau sextans?). Jika efek kuantum diperhitungkan, perlu digunakan kata “hampir pasti” bukannya “yang jelas”. Hehehehe.

Lihat juga artikel di blog Dongeng Geologi.

(gambar dari sini)

  1. jadi menurut kak zainul menurut ilmu pengetahuan, lebarannya kapan kak?😀

    • Dengan ilmu pengetahuan alam bisa diketahui dengan sangat akurat lokasi bulan nyaris tanpa keraguan lagi. Memutuskan hubungan antara lokasi bulan tersebut dan lebaran sudah diluar cakupan sains. Batas 0 derajat, 2 derajat, atau sekian derajat adalah batas arbitrary bergantung interpretasi subjektif terhadap alquran.

      Ada pengamat menyatakan di bawah dua derajat tidak mungkin teramati. Saya tidak setuju. Yang benar, sulit teramati. Tapi, selalu bisa diamati tergantung alat yang digunakan. Bahkan jika bulan ada di bawah horison.

      Sebenarnya mau saya sih puasa cukup sehari, lebarannya 30 hari.🙂 tapi siapa saya? Hari ini saya masih puasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: