zainul

Tentang “the good old Dell”, LogMeIn dan iPad

In Opini, Oprek on April 29, 2012 at 4:16 pm

Komputer Dell Inspiron  yang kini berusia 6 tahun itu sudah mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan. Sama seperti pemiliknya, komputer Dell tersebut sudah mulai ber”uban”. Perhatikan dua pita putih vertikal membelah layar.

Selain masalah pada monitornya, komputer tersebut sebenarnya baik-baik saja. Processor-nya Intel Core Duo 1.67 GHz,  RAM 2 GB, dengan kartu grafik ATI Radeon X1400. Munculnya “uban” sejak 5 bulan lalu itu benar-benar mengganggu. Entah ada hubungannya atau tidak, Dell tersebut juga tidak mampu lagi berbagi (dan ekstensi) monitor dengan TV lewat kabel VGA.

Jelas sekali masalahnya bukan pada perangkat lunak karena uban muncul segera setelah komputer dinyalakan dan sebelum sistem operasi apapun bekerja. Selain Windows 7, pada Dell tersebut juga terpasang Ubuntu 11.04, dan Windows 8 Consumer Preview.

Setelah kemunculan uban, Dell tersebut jadi jarang dibelai, sampai akhirnya saya mengenal aplikasi yang namanya LogMeIn.

LogMeIn dan iPad

Aplikasi ini mengizinkan suatu mesin Windows atau Mac diakses dari mesin lain. Yang paling menarik adalah mesin Windows atau Mac tersebut dapat diakses dengan iPad dari mana saja selama ada koneksi internet. Koneksi internet ini diperlukan meskipun komputer yang ingin dikontrol dan iPad  pengontrol berada dalam jaringan lokal (LAN) yang sama. Agak aneh memang. Meskipun begitu, ketika keduanya berada dalam jaringan lokal yang sama, kecepatannya luar biasa.

LogMeIn mengizinkan saya mengedit presentasi, mengetik soal PR dengan MS Word, mengetik artikel ilmiah dengan LaTeX, bahkan ngeblog sambil duduk nyaman di depan TV. Tidak ada lagi laptop panas yang jika dipangku membahayakan bagi alat reproduksi.

Memang beberapa aplikasi di desktop  juga tersedia di iPad, tapi biasanya untuk iPad fitur-fiturnya dipangkas. Contohnya Keynote, perangkat lunak presentasi di Mac yang juga tersedia di iPad. Fitur-fitur seperti action dan integrasi dengan equation editor yang tersedia pada versi Mac, tidak tersedia pada versi iPad.

Menonton video dari Windows ke iPad lewat koneksi LogMeIn masih cukup memadai selama  videonya tidak HD dan tidak fullscreen. Sayangnya setelah masa free trial untuk versi penuhnya berakhir, versi gratisnya tidak lagi mengizinkan streaming suara dan HD.

Berikut adalah tampilan windows 7 pada iPad dengan LogMeIn.

Saat koneksi berlangsung, gambar latar belakang menghilang (di iPad maupun di mesin Windows), antarmuka aero Windows 7 juga tidak aktif. Untuk memperjelas bagian tertentu bisa di pinch to zoom. Sapuan dua jari untuk scroll, sapuan satu jari untuk menuju bagian tertentu monitor, tap dua jari untuk klik kanan dan lain-lain.

Gambar di atas diambil setelah free trial versi penuhnya berakhir, aslinya lebih tajam dari itu. Damn, why is it so expensive.

Tulisan ini diketik melalui koneksi LogMeIn antara iPad dan  komputer Macbook, diiringi nyanyian para boyband dan girlband di TV. Berikut tampilannya (tampilan monitor bukan boyband)

  1. baru tahu sy malah klo ada aplikasi seperti itu, kak🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: